Minggu, 10 Juni 2012

Sistem Keamanan Komputer pada Windows



 
1.      Sejarah Windows
Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.
Kelebihan dan Kekurangan Windows
Kelebihan :
·         Banyak orang pakai Windows sehingga banyak perusahan membuat aplikasinya menggunakan dasar Windows.
·         Karena systemnya sudah dishare untuk bisa dikembangkan.
·         Perkembangan paling cepat dibanding software lainnya
·         Kalau ada masalah mudah menyelesaikannya
Kekurangan
·                     Harganya lebih mahal dibanding OS yang lainnya
·                     Banyak orang tahu bahasa pemrogamannya
·                     Ada banyak versi.



2.    Windows XP
Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001.
Keamanan Windows XP :
  1. Gunakan Format NTFS pada semua Partisi Hardisk anda Sistem file FAT16/FAT32.
  2. Gunakan Pasword Acount untuk Login ke System Baik Windows XP Professional maupun Home Edition.
  3. Nonaktifkan Simple File Sharing Baik Windows XP Home Edition dan XP Professional.
  4. Gunakan firewall jika Anda Terhubung ke Internet.
  5. Menggunakan Pasword Screen Server.
  6. Pastikan Fasilitas Remote Desktop Di Disable.
3.      Windows Vista
         Windows Vista adalah sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center. Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).
Keuntungan dan Kelemahan Vista
Keuntungan :
1. Lebih keren, menarik dan memukau dalam penampilan serta grafis lebih keren
2. Pengalaman baru menjelajah PC dengan model 3D yang canggih berkat AERO
3. Lebih aman, mudah dalam akses
4. Video dapat menjadi wallpaper
5. Lebih cepat dalam menjalankan program ( bila menggunakan memori besar karena system di vista dimutakhirkan dengan algoritma efisien dalam menjalankan aplikasi)
6. Mendukung partisi harddisk secara virtualisasi
7. Banyak feature baru yang tidak ada di XP
Kelemahan :
1. Membutuhkan virtual memori yang besar, biasanya dapat digunakan pada Komputer dengan speck yang cukup tinggi bila spec Komputer minim akan terasa berat
2. Ada beberapa aplikasi yang belum support di Vista (gak Compitible)
3. Biasanya digunakan pada PC dengan spec yang cukup tinggi
Keamanan Vista
Bagaimana elemen-elemen ini berfungsi dan apalagi yang ditawarkan untuk keamanan data:
  • UAC: Pengelolaan Lebih Baik.
  • BITLOCKER: Enkripsi Hard Disk.
  • BACKUP: Mengamankan Sistem dan Data Pada Windows XP.
  • PARENTAL CONTROL: Tentukan untuk Anak Anda



4.      Windows Seven
       Windows 7 (sebelumnya berkodekan Blackcomb atau Vienna) merupakan versi terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista.[2]. Windows ini memiliki kernel NT 6.1. Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun. Versi klien dari Windows 7 dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang menggantikan Windows Server 2008) dirilis hanya dalam versi 64-bit, yang dinamakan Windows Server 2008 R2. Komputer akan memberitahu jika terjadi perubahan pada komputer tersebut. Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2009. Setiap pengguna akan mendapat perlindungan 3 lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista.

Keamanan Seven :
         Dalam sistem operasi Windows ada dua hal sangat penting yang tidak bisa dipilih kedua-duanya secara maksimal. Keamanan komputer versus Kenyamanan Komputer. Dua sisi ini sayangnya berbanding terbalik artinya jika kita memaksimalkan yang satu maka akan ada resiko kecil bagi yang lain. Artinya jika keamanan komputer sangat maksimal maka dijamin kenyaman berkomputer berkurang.
         Dimulai dengan pengguna yang tertipu untuk menjalankan trojan horse, menurunkan default security, seperti dengan menonaktifkan UAC (User Account Control), mematikan patch otomatis, atau menonaktifkan built-in Windows Firewall.
         Adapun langkah-langkah untuk memberikan proteksi pada windows 7 dapat dilihat sebagai berikut :
·       Aktifkan BitLocker
BitLocker Drive Encryption dapat digunakan untuk mengenkripsi setiap volume pada hard drive, termasuk boot sistem, dan bahkan removable media, seperti USB.
·       Menaikkan UAC slider bar
User Account Control telah ditingkatkan secara signifikan untuk menjadi kurang intrusif dan lebih cerdas dalam membedakan antara yang legal dan yang berpotensi bahaya di Windows 7.


·       Patch Setiap Waktu
Pada pengaturan default Windows 7, layanan Windows Update dikonfigurasi untuk mendownload dan menginstal file update sistem operasi dan aplikasi Microsoft pada waktu yang tepat.
·       Instal software anti-spam dan anti-malware
Ancaman terbesar bagi sistem klien adalah Trojan horse, Outlook patch palsu, scanner anti virus palsu, codec palsu. Bahayanya adalah mereka tidak langsung menyerang Anda tetapi mereka akan menggiring terlebih dahulu dengan bahasa yang menipu lalu mengeksekusi ketika Anda mengklik persetujuan yang diminta.
·       Aktifkan SmartScreen Filter di Internet Explorer 8
Ketika anda pertama kali memulai IE8, Anda akan ditanya apakah Anda ingin mengaktifkan SmartScreen Filter, yang memeriksa database lokal atau situs Microsoft untuk melihat apakah situs Web yang Anda jelajahi sebelumnya adalah aman atau ada potensi bahaya.
·         Monitoring Komputer Anda
Seiring waktu, kebanyakan sistem mengakumulasi lebih banyak dan lebih banyak lagi program dan malah seringkali program yang tidak perlu juga dimasukkan yang akhirnya menuntut sumber daya memori. Tanpa pembersihan aktif dari sistem anda, komputer menjadi lebih lambat, lebih rentan terhadap crash, dan penuh dengan serangan tambahan untuk hal-hal buruk untuk mengeksploitasi.
·         Back up data
Kita semua telah menggunakan komputer untuk waktu yang lama, dan kita tahu bahwa hal yang paling buruk bisa terjadi kapan saja. Idealnya adalah jika memiliki komputer multiyear garansi, tetapi untuk meminimalkan kerusakan ketika crash komputer Anda, pastikan untuk membuat cadangan data pengganti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar